Skip to main content
Penyedia Jasa Kebersihan Kantor Jakarta

Pentingnya Menjaga Kebersihan di Tempat Kerja

By December 17, 2023No Comments

Hallo Safety Warrior,

Kali ini, BSI Pro akan membahas mengenai “Pentingnya Menjaga Kebersihan di Tempat Kerja”

Selain K3, Menjaga kebersihan Tempat Kerja tidak kalah Pentingnya loh…

Seperti yang kita tau, tempat kerja yang tidak rapi dan tidak bersih memiliki dampak yang kurang baik bagi mental dan fisik para pekerja. Selain memberikan kesan yang kurang baik, tempat kerja yang berantakan mencerminkan etos kerja yang buruk. Kemudian kemampuan untuk berkonsentrasi dan fokus para pekerja juga ikut menurun, sehingga menyebabkan tingkat stress cenderung lebih tinggi.

Sebelumnya kebersihan di tempat kerja bukan sekedar masalah estetika, melainkan faktor kunci yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pekerja. Ketika para pekerja bekerja di tempat yang bersih dan juga nyaman, hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan mood dalam bekerja.

 

Selain itu, masih ada lagi beberapa manfaat dari area kerja yang bersih, diantaranya :

  1. Kualitas udara yang lebih baik

Suatu area kerja yang dibersihkan secara profesional akan terbebas dari polutan udara yang tidak terlihat. Dengan demikian, kualitas udara di tempat tersebut akan meningkat jauh lebih baik.

  1. Meningkatkan Kenyamanan

Tidak bisa dipungkiri, kebersihan di tempat kerja dapat meningkatkan kenyamanan saat bekerja. Tempat kerja yang bersih bisa menciptakan suasana yang positif dan bisa mengurang risiko stress.

  1. Mengurangi Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja

Saat kebersihan sudah menjadi gaya hidup para pekerja di tempat kerja, maka akan terciptanya keselamatan dan kesehatan kerja. Dengan demikian angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja di tempat kerja bisa diminimalisir.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Tempat kerja yang berantakan dan kurang bersih bisa mengakibatkan terhambatnya kreativitas pekerja. Saat bekerja di tempat yang bersih dan rapi bisa memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat mendukung keberlangsungan perusahaan.

  1. Perusahaan Memiliki Citra yang Positif

Kebersihan tempat kerja juga memiliki dampak positif bagi citra perusahaan. Sebuah perusahaan yang peduli terhadap kebersihan dapat meningkatkan kepercayaan dan persepsi pelanggan maupun mitra bisnis.

Setelah membahas manfaat dari area kerja yang bersih, berikut adalah tips untuk mempertahankan kebersihan di tempat kerja :

  • Menjadwalkan kebersihan rutin dan merapikan ruangan secara teratur
  • Menyediakan tempat sampah di lokasi yang strategis
  • Memberikan penyuluhan dan pelatihan terhadap pekerja mengenai pentingnya kebersihan dan cara menjaganya
  • Merancang penataan ruang kerja yang efisien untuk memudahkan dalam hal pembersihan

Dengan menjadikan kebersihan sebagai prioritas utama, sebuah perusahaan bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pekerja. Kebersihan bukan hanya tentang menjaga penampilan fisik tempat kerja, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan Perusahaan kamu akan kebersihan tempat kerja, PT. Trainers Management Indonesia (TMI) dan  PT. Bangun Sinar Indonesia Pro (BSI Pro) bekerjasama untuk menyediakan Jasa Pengelolaan Fasilitas (Facility Services) dan Jasa Kebersihan (Cleaning service) yang siap menjadi mitra terpercaya bagi Perusahaan Kamu.

Leave a Reply